Cara merawat batu Bacan Hitam jadi hijau kristal

Sumber artikel : Klik ini

Banyak cara merawat batu Bacan Hitam menjadi Bacan hijau kristal, tratment ngangkat kapur, menghilangkan hitam menjadi hijau, selalu tampak segar dan kinclong. Sepertinya setiap pecinta Batu Bacan memiliki cara dan tratment sendiri-sendiri yang didasari pengalaman masing-masing, semua berlomba mengolah Batu Bacan miliknya menjadi Hijau dan kristal, seru yah.Tak mau ketinggalan Sayapun mengikuti  hal serupa dengan cara bertanya ke berbagai pihak tentang bagaimana cara yang dilakukan teman dan kolektor Bacan memperlakukan Batu Bacan agar cepat berubah mengHijau dan Kristal. Tentunya hasil tratment yang dilakukan pasti berbeda satu sama lain, selain bahan yang berbeda ketekunan dan waktu tratment juga ikut mempengaruhi hasil prosesnya.Salah satu keunikan Batu Bacan baik Bacan Doko, Bacan Palamea, Gulau, elektrik Bacan Obi dan lainnya. Batu Bacan adalah kemampuan Batu Bacan bermetamorfosis, perlahan batu Bacan hitam kandungan kapurnya akan terdesak keluar dan batu Bacan pun menghijau menjadi Batu Bacan kristal. Perubahan Batu Bacan yang masih hitam menjadi Batu Bacan Kristal inilah yang mendasari pecinta Bacan Doko dan Palamea melakukan Treatmen.

Nah bagaimana cara membuat Batu Bacan Doko dan Bacan Palamea, Elektrik, Bacan Cingcau, Bacan Obi, Tobelo, Bacan Buli dan lainnya menjadi kristal dan kinclong?. Inilah beberapa cara simple dan mudah merawat Batu Bacan Doko atau Batu Bacan Palamea dengan Treatment sederhana: Treatment oles dan Treatment rendaman. Keduanya merupakan cara mudah merawat batu bacan agar menjadi kristal dan selalu segar berkilau.

Cara merawat batu Bacan Hitam menjadi Bacan hijau kristal dengan Tratment Rendaman

  • Rendam bacan Hitam atau yg belum hijau kristal dalam air yang sudah kita siapkan selama 2-3 hari, hal ini untuk mengeluarkan mineral, minyak dan zat kimia lain yang banyak terkadung didalamnya
  • Setelah direndam keringkan, dengan mengangkat dan lap dengan tisue atau kain sampai benar-benar kering.
  • Batu bacan yang sudah kering di poles dengan kulit agar kandungan zat yang keluar dan menempel benar-banar hilang, untuk lebih meyakinkan ulangi terus pemolesan sampai +/-3 hari..
  • Lakukan pemanasan Batu Bacan, pemanasan sampai suhu max 80 derajat C. Pemanasan dapat menggunakan berbagai alat pemanas seperti: Rice Cooker, Coffee Maker, Hair Dryer, Setrika dan menjemur dibawah sinar matahari pagi.
  • Pemanasan Batu Bacan dilakukan sampai warna Batu Bacan yg hitam/coklat berubah jadi warna biru & merata semua, lakukan berulang-ulang dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.
  • Khusus Batu Bacan yang sudah berbatu bacan tsb sudah merata semua rendam batu tsb di air sampai batu tsb crystal kembali. jika batu tsb mengandung kapur maka kapur tsb akan naik kepermukaan semua & harus di gosok ulang supaya batu menjadi crystal & bersih.
  • Ingat Batu Bacan yang akan diproses pemanasan harus dalam keadaan kering, hal ini memang harus harus menjadi perhatian utama, agar Batu Bacan tidak mengalami crack atau keretakan dalam setelah menjalani proses pemanasan.
Khusus untk bacan yang sudah mulai mengkristal sebainya jangan lakukan pemanasan buatan, lakukan hanya dengan penjemuran dibawah sinar matahari pagi, penjemuaran Batu Bacan dengan mataharipun jangan terlalu lama usahakan hanya 30-60 menit saja tergantung kecerahan cuaca saat penjemuran.
Bacan sedang direndam di air oxy kiriman

Perhatikan gambar kiriman diatas saat batu bacan dalam rendaman air oxy, kapur Batu bacan terangkat kepermukaan dan keruh airnya, nah langkah selanjutnya angkat batu bacan ganti airnya, gosok, jemur dan rendam lagi. Lakukan tratment rendaman ini berulang-ulang sampai batu bacan terlihat jernih, oh ya gosok batu bacan dengan tissu halus bukan tissu kasar yaa takut gores batu bacannya.

Sobat juga dapat menggunakan Babby Oil atau, minyak kelapa atau minyak jaitun untuk diolesi dipermukaan Batu Bacan yang sudah mulai mengkristal, hal ini untuk mengkilatkan permukaan dan mengeraskan Batu Bacan sobat. Babby oil juga dapat dioles kepermukaan batu solar, idocrase bio solar, kecubung, baturaja, raflesia, garut ohen, edong, kleden pacitan dan batu kesayangan sobat.

 Saya sendiri melakukan treament diatas untuk memproses rough atau bahan Batu Bacan yang saya beli di Rawabening dan semua Batu Bacan berwarna hitam pekat.

Khusus Pemanasan saya gunakan alat pemanas Batu Bacan, saya gunakan pemanas pada treatment ini adalah kompor Listrik dengan 2 buah pilihan panas, alat kompor ini juga pernah kami pergunakan untuk memproses Black Opal Banten, Sungedareh, Lumut Aceh dan batu lainnya yang saya miliki.
Selamat mencoba semoga hasilnya memuaskan, dan jangan lupa lain orang lain pula hasilnya, kalau kata orang betawi bilang ASIAN, tangan dingin. Nah bisa saja sobat memperoleh hasil yang menakjubkan… Selamat mencoba.
Sobat punya jurus lain dan ingin berbagi…? silahkan mention ke @KolektorBatu atau sampaikan via kolom komentar dibawah ini.
Oh ya… mau coba ngerawat Bacan Hitam, coba aja beli bongkahan, rough atau bahan bacan yang masih hitam dan rasakan sensasi merawat bacan hitam jadi kristal. Saya sendiri pernah membeli Bacan hitam Super dari Yoksan (lihat alamat dibawah ini) dan hasilnya Bacan Hitam berserat bagus, sekarang harganya berlipat kali dari harga Bacan hitam.

About Hijrah

Hidup adalah perjuangan

Posted on 28 Februari 2015, in Pengetahuan Umum and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: