Asal mula tanda ‘@’ di Email

Tahun 1971 menjadi momen yang sangat penting bagi perkembangan internet. Pada tahun itu,  seorang ahli bernama Roy Tomlinson berhasil menciptakan surat elektronik atau disebut dengan e-mail. Istilah e-mail ini merupakan gabungan dari dua kata, yakni electronic yang berarti eletronik dan mail yang berarti surat. Temuan ini disempurnakannya pada tahun 1972.

Pada prinsipnya, surat elektronika ini mirip dengan surat-menyurat lewat pos. Bedanya, bentuk surat yang dikirim lewat jaringan ini bukan berupa selembar kertas yang terbungkus amplop. Surat elektronika ini berupa data digital yang bisa berupa huruf, gambar, maupun suara.

Layaknya proses surat-menyurat, dalam surat elektronika ini juga diperlukan alamat pengirim maupun penerima. Satu tanda yang sangat khas dalam penulisan alamat e-mail ini adalah simbol @ atau dibaca at yang berarti di (awalan untuk menunjukkan tempat) atau pada. Simbol ini juga diperkenalkan oleh Tomlinson.

Untuk bisa surat-menyurat secara elektronik, pengirim maupun penerima surat harus memiliki kotak surat yang terdaftar di internet. Alamat dalam surat elektronika ini sebenarnya melekat pada kotak surat itu. Untuk bisa membuka kotak surat, sang pemilik harus memiliki kode rahasia yang disebut password. Dengan kode rahasia ini orang yang buan pemilik kotak surat tidak akan bisa membukanya.

.
.
.

About Hijrah

Hidup adalah perjuangan

Posted on 7 April 2012, in Teknologi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: