8 Manfaat madu bagi manusia

MADU – Masih teringat dipikiranku tentang masa lalu ku ketika aku diberi makanan sepiring nasi dan beberapa sendok madu. Saat aku telah dewasa saya mendapati banyaknya orang yang mencari madu. Mereka rela membeli madu dengan harga mahal. Di Indonesia sumber madu yang paling terkenal berasal dari kepulauan Nusa Tenggara. Hampir setiap orang yang berkunjung kesana diharapkan untuk membawa buah tangan berupa madu. Saya menjadi penasaran mengenai madu dan manfaatnya. Apa manfaat madu bagi kesehatan? apa saja manfaat dari madu? semua akan kita bahas disini.

Berikut ini 8 manfaat madu untuk kesehatan :

  1. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis. Jadi madu dapat digunakan untuk menggantikan pemanis gula.
  2. Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Di sisi lain, satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 15 kalori. Selanjutnya karbohidrat dalam madu dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu sangat mudah dicerna madu.
  3. Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda.
  4. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral . Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas mereka tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C , Kalsium dan Besi . Periksa vitamin dan kandungan mineral dalam gula dari sumber manapun, Anda akan merasa menjadi nihil atau sangat kecil baik.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah kesuburan serta bisa mengurangi stress.
  6. Menyembuhkan luka luar, sebab madu punya kemampuan dalam mempercepat pembentukan sel-sel baru.
  7. Dapat membantu meredakan gejala pilek, gejala sinusitis, demam atau panas, batuk, sakit tenggorokan.
  8. Menghilangkan rasa kelelahan (karena kandungan dalam madu ada energi yang tinggi). manfaat madu untuk kesehatan.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan, selain memiliki banyak manfaat buat kesehatan juga mudah dalam mengkonsumsi madu. Tidak perlu dimasak, tetapi dapat langsung diminum langsung menggunakan sendok, dicampur dengan roti tawar dan diminum bersama susu. Semoga artikel manfaat maduuntuk kesehatan dapat menambah pengetahuan kita.

Ternyata sangat besar sekali manfaat madu itu, tidak heran jika madu menjadi primadona dan menjadi mahal harganya. Eksisnya madu mulai sejak 2500 tahun lalu membuat orang-orang tidak henti-hentinya untuk mencari keuntungan dari madu. Banyak orang yang rela menghabiskan banyak uangnya untuk bisa mendapatkan madu. Tetapi disisi lain ternyata hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk mendapatkan keuntungan berlipat dengan menjual madu palsu.

Madu palsu terkadang mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Dimana keberadaan zat-zat tersebut hanya dapat dibuktikan keberadaannya melalui uji laboratorium.

Bagi orang yang terlanjur membeli madu palsu tersebut tentunya akan merasa kecewa sehingga tidak dapat mendapatkan manfaat madu tersebut. Berikut ini saya akan memberikan tips dan cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu. Tips dan cara mudah membedakan madu palsu dan asli ini telah saya lakukan uji coba pada madu asli dan madu palsu.

Berikut ini cara membedakan madu asli dan madu palsu :

  1. Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas. Simpanlah sekitar 10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu tadi membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu. Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja.
  2. Cara kedua adalah dengan menyimpan beberapa tetes madu di dalam piring berisi air putih. Kemudian tunggu beberapa saat. Kalau air tersebut menjadi keruh maka kemungkinan madu tersebut palsu. Sebaliknya jika madu tersebut asli maka tidak akan menyebabkan ari tadi menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air.

Itulah 2 cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu, semoga kita para penggemar madu tidak lagi tertipu dengan membeli madu palsu yang banyak sekali beredaran di pasaran.

Sumber : klik di sini…

About Hijrah

Hidup adalah perjuangan

Posted on 27 Februari 2012, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: