Otak bayi berkembang saat ia tidur

Bayi membutuhkan tidur lebih banyak dari orang dewasa. Banyak ibu yang kaget dengan pola tidur bayi baru lahir. Itu bisa saja terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Ada bayi yang tidur panjang dibanding berinteraksi dengan orang lain. Ada pula bayi yang doyan bergadang di malam hari.

Bayi yang baru lahir biasanya tidur 16 jam sehari. Pada usia tiga bulan, bayi tidur hanya lima jam atau lebih di malam hari. Tak heran banyak orang tua mengeluh karena harus bergadang menemani si bayi.

Pada usia 6 bulan, bayi bisa tidur 8-10 jam di malam hari, atau lebih. Namun ada juga sejumlah bayi yang tidak tidur di malam hari. Jangan cemas. Itu terjadi karena memang ada beberapa bayi yang memilih berjaga di malam hari hingga mereka berusia setahun.

Namun mengingat saat tidur adalah saat otak bayi berkembang dengan cepat, Anda perlu membentuk pola tidur bayi sejak dini. Berikut caranya:

1. Tentukan jadwal tidur yang rutin. Membacakan cerita, menyanyikan lagu pengantar tidur atau hal lain yang biasa dikerjakan untuk mengantarkan bayi tidur bisa dilakukan. Lakukan pada jam yang sama sehingga bayi mengenali inilah saatnya tidur.

2. Saat bayi mengantuk, baringkan dia di tempat tidurnya dengan posisi telentang. Jauhkan mainan dari tempat tidurnya.

3. Jika bayi terjaga karena mengompol di malam hari, gantikan popoknya. Namun hindari menyalakan lampu yang terang. Gunakan lampu yang remang-remang dan bicaralah perlahan, jadi bayi akan mengetahui sekarang bukan saat bermain.

Sumber : klik disini

About Hijrah

Hidup adalah perjuangan

Posted on 25 Februari 2012, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: